24 Des 2010

TIPS MEMILIH SEPATU UNTUK BUAH HATI

Senang sekali melihat buah hati kita mulai meranggak lalu belajar berdiri, yup! akhirnya bisa berjalan, periode ini pastilah si kecil semakin aktif dan ingin terus dan terus berjalan kesana kemari, naik turun tangga bahkan berlari, untuk itu dibutuhkan sepatu yang nyaman, berikut tips memilihkan sepatu untuk si kecil
Pilih bahan dasar sepatu yang lebih tebal seperti kanvas dan kulit. Memilih model sepatu yang stylish boleh saja karena bisa meningkatkan rasa PD pada anak asalkan yang mudah dipakai dan nyaman, tidak banyak tali yang justru akan membahayakan buah hati anda karena resiko talinya terinjak.
Memilih warna sesuai dengan gender, biasanya cewek koleksi warnanya lebih banyak karena warna sepatu bisa dipadupadankan dengan warna baju. Untuk cowok seperti warna cokelat, biru, hitam, hijau, kuning dan hindari warna pink.

Pemilihan warna ini menjadi penting ketika usia anak mulai bersekolah dan mulai bergaul dengan teman-temannya, pengalaman saya pernah melihat seorang anak laki-laki tidak mau bersekolah lagi sebab diolok temannya karena memakai sepatu warna pink. Hal itu bisa mengakibatkan menurunnya rasa percaya diri pada anak.
Pilih sepatu yang bagian tumitnya lebih tebal, hal ini berfungsi untuk membantu menyangga keseimbangan tubuhnya apalagi bagi si kecil yang baru bisa berjalan. Sepatu yang tidak berat tetapi jangan yang terlalu tipis untuk menjaga kakinya tetap terlindungi. Sepatu yang terlalu tebal dan berat akan menghambat pergerakan sendi pada pergelangan kaki.
Pilih bagian punggung sepatu yang tidak terlalu ketat, lebih baik lagi ketika membeli sepatu bisa mengajak sikecil sehingga bisa langsung mencobanya apakah punggung sepatu ketat saat dipakai berjalan.
Jangan pernah membeli sepatu dengan ukuran besar kemudian menyimpannya, karena hal ini tidak efektif, sepatu yang kekecilan atau terlalu besar sangat tidak nyaman bagi si kecil, belilah sepatu sesuai kebutuhannya.
Berikut sebagai tambahan info memilih sandal si kecil berdasar pengalaman pribadi : Untuk usia bayi sekitar 10-14 bulan yang baru bisa berjalan memerlukan ukuran sandal yang benar-benar harus pas tidak boleh terlalu besar atau bahkan kekecilan, sandal yang kebesaran dapat menyebabkan batita anda terjatuh, klo kekecilan sudah pasti menyakiti kaki buah hati anda, kedua pilih yang ringan tentunya agar si kecil tidak mudah capek, yang ketiga perhatikan bagian depan model sandal, pada masa awal berjalan berikan model sandal yang bagian depannya tertutup karena menghindari kaki si kecil yang masuk terlalu dalam/kaki terlalu maju kedepan akibatnya bisa terjatuh, setelah batita anda mulai bisa berjalan dengan baik ganti sandalnya dengan yang model jepit sebagai tahap belajar, jika tidak dilatih, ketika besar nanti kesulitan memakai model sandal jepit ini.
OK Bunda yang cermat selalu memberikan yang terbaik buat buah hatinya. Salah satu icon sepatu mengatakan ”Memilih alas kaki yang tepat menunjang pertumbuhan kaki yang sehat”.
Selamat memilih sepatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar