24 Des 2010

MITOS RUMPUT FATIMAH vs KURMA

Klo diingat lagi waktu menginjak usia kehamilanku memasuki 9 bulan, banyak orang sekitar terutama keluarga ada yang menyarankan untuk meminum air yang dicelupi rumput fatimah agar proses melahirkan menjadi mudah. Oo benarkah? Karena tidak percaya akhirnya saya tanya ke sana ke mari (ke dokter/bidan maksudnya) sampai tanya ke mr.Google juga dan berikut rangkumannya dari berbagai sumber yang saya dapat :

RUMPUT FATIMAH
Apa itu rumput fatimah
Rumput Fatimah/Labisa pumila/mawar jeriko adalah jenis tumbuhan semak. Rumput fatimah biasanya dibeli sebagai oleh-oleh dari Tanah Suci. Tanaman ini unik meskipun disimpan tahunan tapi kalau direndam dalam air akan mekar kembali.
Kandungan dalam rumput fatimah
Rumput fatimah ini mengandung hormon oksitosin, yang dapat membantu kontraksi pada saat melahirkan. Padahal hal itu belum dapat dijelaskan secara ilmiah alias belum diteliti.
Kapan seharusnya rumput fatimah diminum
Diminum pada saat pembukaan di atas 6. Tidak boleh diminum pada saat air ketuban pecah, karena akan menyebabkan kontraksi yang abnormal sehingga menyebabkan perdarahan hebat.

Nah bunda dari pada bermasalah saya sarankan untuk tidak meminumnya.
Saya sarankan untuk mengkonsumsi kurma seperti yang saya lakukan dulu saat hamil.

KURMA
Manfaat kurma
1. Baru-baru ini ada penelitian tentang buah kurma khususnya ruthab (kurma basah). Buah ini membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur.
Masih ingat pelajaran agama dibangku sekolah dulu Allah memerintahkan Maryam untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, sehingga Maryam mudah melahirkan anaknya.
2. Bagi bunda yang sedang hamil dan menyusui buah kurma juga punya manfaat mengenyangkan karena mengandung gula.
3. Buah ini juga mengandung kalsium dan besi yang dapat meningkatkan proses pembentukan ASI dan mengembalikan tenaga bunda yang terkuras setelah proses melahirkan.

Nah bunda klo yang ini sudah terbukti secara ilmiah, dan saya juga sudah mengkonsumsinya saat hamil, menjelang proses kehamilan bahkan saat nifas.
Oh ya ada sedikit tambahan waktu curhat bersama teman saya, saat hamil ada problem bayi dalam kandungan beratnya kurang dan setelah konsul ke dokter kadungan terkemuka solusinya juga meminum sari kurma, dari pada minum sari kurma makan kurmanya aja langsung gampang dan dapatkan manfaatnya.

Demikian sedikit info dari saya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar